JUBILEUM 125 TAHUN HKBP SIBUNTUON RESORT BALIGE

JUBILEUM 125 TAHUN  HKBP SIBUNTUON RESORT BALIGE
Jubileum

Kamis, 03 Desember 2009

LAPORAN KEGIATAN DIAKONIA DISTRIK XXV JAMBI

LAPORAN KEGIATAN DIAKONIA
TAHUN DIAKONIA HKBP DISTRIK XXV JAMBI
Pada Konsultasi Tahun Diakonia HKBP
Di Lembur Pancawati, Caringin – Bogor, 18-21 Nopember 2009

Pengantar
Sebagai salah satu Distrik termuda di jajaran HKBP, Distrik XXV Jambi mulai membangun diri untuk mempersiapkan perjalanan panjang menuju masa depan yang mandiri. Sebagaimana telah ditetapkannya tahun 2009 sebagai Tahun Diakonia, menyongsong Jubileum 150 Tahun HKBP pada tahun 2011 yang akan datang, HKBP Distrik XXV Jambi membenahi diri melalui program-program jangka panjang yang dimotori Panitia Tahun Diakonia Distrik. Bergandeng tangan dengan HKBP Jambi yang mulai melakukan gerakan sending sejak Tahun Marturia 2008 yang lalu, HKBP Distrik XXV Jambi berupaya mengembangkan program pemberdayaan jemaat.

Seminar Sehari “Visi Misi HKBP Distrik XXV Jambi”
Dalam berbagai kesempatan pertemuan dengan Panitia Tahun Diakonia Distrik yang diketuai oleh Dr. Dompak Napitupulu, Praeses HKBP Distrik XXV Jambi, Pdt. David F. Sibuea, MTh memberikan gambaran blue print pengembangan Distrik. Oleh karena itu, dipersiapkanlah Seminar Sehari “Visi Misi HKBP Distrik XXV Jambi” sebagai sebuah forum dan momen penting untuk mengumpulkan pendapat dan sosialisasi program yang akan dilaksanakan. Seminar yang diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober 2009 yang lalu, mengundang Jend. TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan sebagai Key-note Speaker.
Oleh Tim Perumus yang diketuai Ir. Dopang Tambunan, Kepala Kanwil BPN Provinsi Jambi, Panitia menjabarkan kerinduan peserta Seminar yang telah digugah dan dibekali oleh Jend. Luhut dengan program pengadaan lahan perkebunan seluas 50 Ha dan rencana pembangunan Distrik Center. Sebagai modal awal untuk menyemangati Panitia Jend Luhut menyumbangkan sebesar Rp. 50 juta. Lahan seluas 50 Ha tersebut akan diolah untuk perkebunan sawit sebagai plasma terhadap sebuah perusahaan swasta. Sementara ini lahan untuk Distrik Center masih sedang dicari, karena mempertimbangkan lokasi yang lebih strategis untuk semua Resort di Distrik XXV Jambi.

Provinsi Jambi dengan potensi lahan perkebunan sawit dan karet memang memberikan peluang bagi siapa saja untuk pengadaan lahan yang relatif luas. Sejak awal pelayanannya di Distrik Jambi yang masih belum satu tahun ini, Praeses Sibuea langsung melihat peluang tersebut sebagai potensi besar bagi HKBP di Distrik XXV Jambi untuk menjadi andalan sumber dana kemandirian bagi program-program berkelanjutan dan jangka panjang. Oleh karena itu sangat memungkinkan untuk membangun sebuah Distrik Center sebagai “Parhutaan HKBP” dengan berbagai macam fasilitas dan sarana-prasarana pembinaan, pelatihan dan rekreasi.

Koperasi CUM “Makarios” Serahkan Lahan Untuk Gereja
Sebuah terobosan telah direalisasikan oleh Koperasi C.U.M. (Credit Union Modifikasi) “Makarios” HKBP Distrik XXV Jambi yang baru berdiri pada Maret 2008 yang lalu. Koperasi ini memulai pelayanannya dengan Simpan Pinjam untuk membantu usaha kecil bagi warga Jemaat maupun masyarakat umum yang kurang modal. Kini, telah dibuka Toko Buku “Makarios” dengan sumbangan sebuah Ruko yang dipinjamkan oleh keluarga Marpaung. Di Toko itu pula ada pelayanan fotokopi. Juga telah dijalin kerjasama dengan Percetakan HKBP Pematangsiantar menyalurkan buku-buku cetakan HKBP untuk kebutuhan seluruh jemaat di Distrik Jambi.

Dengan jumlah anggota aktif 205 orang, saat ini Koperasi C.U.M. “Makarios” memiliki Dana Simpanan sebesar Rp. 243.892.511,- terdiri dari: Simpanan Pokok, Simpanan Wajib, Simpanan Sukarela dan Simpanan Diakonia. Pinjaman Dana yang sedang berjalan sebesar Rp. 124.273.700,-. Pada bulan Juli 2009 telah dimiliki lahan seluas 7,5 Ha di Petaling, wilayah perbatasan Jambi – Palembang sebagai harta Koperasi. Di wilayah tersebut banyak warga HKBP membuka lahan perkebunan. Meski pun lokasi tersebut masuk ke wilayah Provinsi Sumatera Selatan, namun lebih dekat dengan Kota Jambi.

Terobosan baru telah dilakukan dengan diserahkannya sebidang tanah seluas 5.000 M2 pada hari Minggu, 1 Nopember 2009, dari lahan Koperasi C.U.M. “Makarios” kepada Pdt. SMT Hutagalung, STh atas nama warga jemaat Pos Pelayanan HKBP Kotabaru, Jambi, yang berdomisili di sekitar Jalan Pancuran, Desa Muara Medak, Kecamatan Bayung Lincir, Musi Banyu Asin. Di lahan tersebut Koperasi C.U.M. “Makarios” akan mendukung pengembangan pelayanan jemaat untuk kembali pada konsep “Pargodungan HKBP” sebagaimana diterapkan oleh Dr. I.L. Nommensen semula di Tanah Batak.

Konsep “Pargodungan” dimaksud yaitu menjadikan kompleks gereja sebagai pusat pendidikan, kesehatan dan pembinaan sosial. Di kompleks gereja untuk tahap lebih lanjut akan didirikan bangunan sekolah dan kelas-kelas belajar. Selain itu, Koperasi akan mendirikan Taman Kanak-kanak dan PAUD (Pendidikan Anak Dini Usia) serta Klinik Kesehatan. Dalam salah satu diktum Serah Terima lahan gereja disebutkan dengan tegas dinyatakan bahwa di kompleks gereja tidak diperkenankan dibangun gedung Sopo Godang untuk kegiatan-kegiatan pesta Adat. Untuk kebutuhan tersebut, Koperasi akan membangunnya di luar lahan 5.000 M2 kompleks gereja yang diserahkan.

Mengingat masalah sulitnya mendapatkan perijinan bangunan gereja, Koperasi menyediakan kaplingan tanah untuk perumahan di sekeliling gereja bagi anggota Koperasi yang sekaligus juga menjadi warga jemaat. Kaplingan tersebut akan dibayar secara cicilan. Bahkan dengan modal yang diharapkan dapat diperoleh, Koperasi C.U.M. “Makarios” juga bermaksud sekaligus untuk membangun perumahannya supaya tertata dengan lebih baik. Sisa lahan sekitar 3 Ha akan dipersiapkan untuk usaha pertanian dan peternakan yang dikelola oleh Koperasi. Hasil dari usaha tersebutlah yang akan dipakai untuk mendukung pengembangan pelayanan gereja.

Model seperti ini layak dipertimbangkan untuk daerah lain di mana HKBP memperjuangkan eksistensinya terutama di daerah yang sulit mendapatkan perijinan membangun gereja. Selain itu, dapat menjadi model untuk pengembangan program jangka panjang gereja di tengah-tengah masyarakat majemuk, agar gereja sungguh-sungguh menjadi berkat bagi lingkungan masyarakat luasnya. Agaknya model ini juga menjadi terobosan agar gereja juga membuka peluang untuk menyerap lapangan pekerjaan bagi kalangan warga jemaat terutama kaum muda yang telah dibina dan dilatih dalam berbagai bidang keterampilan ekonomi mikro.

Kondisi Koperasi CUM “Makarios”
Kondisi Koperasi CUM “Makarios” saat ini adalah:
- Jumlah Anggota aktif: 205 orang.
- Dana Simpanan: Rp. 248.392.511,-.
- Dana Pinjaman Berjalan: Rp. 124.273.700,-.
- Unit Usaha Fotokopi: Rp. 12.021.755,-.
- Unit Usaha Toko Buku: Rp. 22.660.650,-.
- Unit Usaha Lahan Petaling: Rp. 52.500.000,-.
- Unit Usaha Pulsa Elektronik: Rp. 735.800,-
- Tenaga Pelayan: 3 orang Karyawan (2 pelayan tetap + 1 pelayan magang) dan 1 orang Manajer. (Catatan: Satu orang pelayan tetap baru mengundurkan diri bulan Nopember 2009 ini tanpa pemberitahuan.)

Perkembangan Pelayanan dan Aset Koperasi
Pada tahun 2009 ini ada beberapa perkembangan pelayanan Koperasi CUM “Makarios” adalah:
1. Pada bulan Mei 2008 yang lalu Koperasi CUM “Makarios” telah membuka pelayanan penjualan pulsa elektronik.
2. Pada 23 Januari 2009 Koperasi CUM “Makarios” telah menempati Kantor baru, sebuah Ruko di Simpang Rimbo, Jambi, atas pinjam pakai yang diberikan oleh Keluarga E. Marpaung/St. Br. Sinambela, yang saat ini beliau menjabat sebagai Kepala Bidang Diakonia Distrik Jambi.
3. Pada Pebruari 2009 di Kantor yang baru tersebut telah dibuka Toko Buku “Makarios”, menyediakan buku-buku bacaan Kristen dan Bahan Pelajaran Sekolah Minggu, atas kerjasama dengan Penerbit Kalam Hidup, Bandung.
4. Pada bulan Juni 2009 telah dibeli satu set mesin Fotokopi second (bekas pakai) dan telah dibuka pelayanan fotokopi di Kantor Simpang Rimbo.
5. Pada Juli 2009, atas upaya kerja keras Manajer, didampingi oleh Pengurus Bidang Unit Usaha, program pengadaan lahan telah dapat direalisasikan dengan diperolehnya lahan seluas 7,5 Ha seharga Rp.52.500.000,- di Paal 4 Dusun V Desa Muara Medak, Bayung Lincir, Musi Banyu Asin, Sumatera Selatan. Lokasi tersebut termasuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan, namun di wilayah perbatasan dengan Provinsi Jambi itu banyak warga HKBP Jambi membuka lahan kebun. Pada tanggal 25 Juli 2009 Pimpinan HKBP (Kadep Diakonia) telah meninjau lahan tersebut dan berbincang-bincang dengan para tokoh warga jemaat di situ.
6. Dengan persetujuan Praeses telah dilakukan kontrak Kerjasama dengan Percetakan HKBP Pematangsiantar (pada 23 September 2009) untuk pendistribusian dan penjualan bahan-bahan cetakan dari Percetakan HKBP untuk kebutuhan seluruh jemaat di HKBP Distrik XXVJambi.
7. Pada 1 Nopember 2009 Pengurus Koperasi CUM “Makarios” menyerahkan 5000 M2 kepada Pendeta HKBP Ressort Jambi atas nama warga jemaat Pos Pelayanan HKBP Jambi Ressort Jambi untuk kompleks gereja HKBP. Pada hari Minggu itu juga dilakukan penanaman pohon di lokasi kompleks gereja tersebut dan acara peletakan batu pertama pembangunan gedung gereja dipimpin oleh Bapak Praeses.

Program Tahun 2009-2010
Berdasarkan kondisi saat ini dan prospek perkembangan pelayanan ke depan, sangat diharapkan dukungan dari semua pihak di HKBP Distrik XXV Jambi, terutama kerjasama dengan Panitia Tahun Diakonia baik di tingkat Huria maupun Distrik, agar Koperasi CUM “Makarios” dapat mewujudkan rencana pelayanan berikut:

1. Pengembangan Unit Usaha Fotokopi
Melihat prospek Unit Usaha Fotokopi yang sedang berjalan, sangat baik dan memungkinkan untuk perkembangan ke depan. Oleh karena itu, dalam waktu tidak lama diharapkan Koperasi dapat membeli satu unit Mesin Fotokopi semi Percetakan yang lebih baik seharga kurang lebih Rp. 45.000.000,-. Pengembangan usaha ini akan sangat terdukung lagi apabila kebutuhan gereja HKBP (khususnya Kotabaru dan Kebun Kelapa) menggandakan bahan-bahan cetakan dan fotokopi (seperti Warta Jemaat dan Kertas Acara Kebaktian) dikerjakan oleh Koperasi CUM “Makarios”.

2. Pembangunan Gedung Kantor dan Pelayanan di Petaling
Dengan telah diratakannya sebagian lahan milik Koperasi di Paal 4 Desa Muara Medak, Bayung Lincir, terutama dengan dibangun dan dimanfaatkannya bangunan gereja di lokasi tersebut, dalam waktu dekat direncanakan akan membangun gedung pelayanan Koperasi CUM “Makarios” untuk menyediakan bahan-bahan sembako (Sembilan Bahan Pokok) kebutuhan rumahtangga dan lain-lain. Di samping itu, akan dijalin kerjasama penyaluran Pupuk dan peralatan pertanian dengan Toko Pupuk “Alam Bersemi” milik Bapak Ir. K. Hutajulu, Pengurus CUM “Makarios” Unit Bidang Usaha. Sehubungan dengan ini, akan dilakukan rekrutmen anggota baru dan sistem pelayanan pinjaman berupa barang natura.

3. Pembangunan Gedung Klinik Kesehatan
Di lokasi lahan yang sama, direncanakan dapat dibangun gedung Klinik Kesehatan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitar. Untuk ini diharapkan kerjasama khusus dengan Seksi Kesehatan Panitia Tahun Diakonia HKBP Distrik XXV Jambi, yang juga telah memprogramkannya.

4. Pembangunan Gedung Taman Kanak-kanak
Di lokasi yang sama juga direncanakan akan dibangun gedung dua kelas untuk pelayanan pendidikan anak, yakni TK dan PAUD.
5. Pengadaan Mobil Koperasi CUM “Makarios”
Seiring dengan rencana pengembangan Unit Usaha Pengadaan Sembako, Klinik Kesehatan dan pendidikan TK/PAUD di Petaling, diharapkan dapat segera diwujudkan pengadaan mobil untuk antar jemput anak-anak TK/PAUD, antar jemput pasien dan pengangkutan bahan-bahan sembako.

6. Unit Usaha Pembuatan Perabot Rumah Tangga dan Peti Jenazah
Sangat prospektif di lokasi lahan Petaling untuk membuka pelayanan Unit Usaha pembuatan perabot rumahtangga dan peti jenazah. Koperasi CUM “Makarios” akan dapat memberi pelayanan tersebut dengan harga lebih murah daripada yang dapat dibeli di Kota Jambi.

7. Pengembangan Lahan di Petaling
Sebagaimana prospek perkembangan penduduk di sekitar lokasi lahan di Petaling, dalam waktu yang relatif cepat lahan di sekeliling kompleks gereja kiranya akan segera dapat dikapling dan dibangun untuk perumahan dan ruko (rumah toko) bagi para anggota CUM “Makarios” sekaligus secara selektif sebagai warga jemaat HKBP yang pembayarannya dengan sistem cicil. Upaya ini untuk menjaga keasrian lingkungan dan visi “pargodungan” untuk pembangunan komunitas (community development) yang hendak dikembangkan oleh CUM “Makarios”. Di samping itu, pada lahan seluas 3 Ha di bagian belakang akan dikelola untuk peternakan dan pertanian.

8. Pemberian Pinjaman Kepada Warga Jemaat HKBP 88
Dalam rangka program pengadaan Mesin Genset yang diprakarsai oleh Cln Pdt. Simanungkalit di HKBP 88 Ressort Kebun Kelapa, Koperasi CUM “Makarios” merencanakan untuk memberi pinjaman dana sebesar kurang lebih Rp.30.000.000,- kepada 15 keluarga yang telah membuat kesepakatan bersama.

9. Pengadaan Tiket Pesawat
Dengan sistem on-line yang telah berkembang saat ini, Koperasi CUM “Makarios” akan menjajaki pengadaan penjualan tiket pesawat. Peluang ini sangat besar untuk melayani kebutuhan para pelayan dan warga HKBP bahkan di luar Distrik Jambi.

10. Penambahan Tenaga Pelayan
Seirama dengan perkembangan Unit-unit pelayanan Koperasi CUM “Makarios”, akan dibutuhkan penambahan tenaga pelayan tetap, antara lain:
- Dua orang Tenaga Administrasi (D3 atau S1 Ekonomi/Akuntansi) untuk membantu pelayanan di Kantor Cabang gereja HKBP Kotabaru dan Kantor Besar di Simpang Rimbo.
- Seorang Tenaga Medis Perawat/Bidan untuk Klinik Kesehatan bekerjasama dengan Seksi Kesehatan Panitia Tahun Diakonia Distrik. (Secara pribadi Dr. Tohom Samosir, yang juga Anggota Seksi Kesehatan Panitia Tahun Diakonia Distrik, telah menyatakan kesediaannya untuk membuat jadual visitasi ke Klinik yang direncanakan di Petaling.)
- Seorang Diakones yang telah mengikuti pendidikan Manajer CUM dari Kantor Pusat untuk melayani Koperasi di Petaling sekaligus melayani TK/PAUD dan membantu pelayanan Jemaat.
- Seorang Tenaga Supir dan Pembantu Teknis Lapangan di Kantor Cabang Petaling.
- Beberapa Tenaga honorer untuk pertukangan, pertanian dan peternakan di Petaling.

11. Penambahan Jumlah Anggota
Penambahan jumlah Anggota Koperasi CUM “Makarios” pada tahun 2010 diharapkan dapat mencapai 500 orang. Diharapkan dari semua Ressort dapat terjangkau melalui rekrutmen calon tenaga operasional yang lebih dahulu menjalani proses pendidikan magang.

Kendala dan Permasalahan
1. Unit Usaha Simpan Pinjam mengalami sejumlah kemacatan pengembalian Pinjaman dari kalangan warga dan Parhalado HKBP Aur Duri.
2. Pengurus belum selesai mengurus status Badan Hukum Koperasi.
3. Kekurangan Modal untuk pengembangan Unit-unit Usaha. Untuk itu sangat diharapkan partisipasi aktif para Pengurus Harian maupun dukungan serta dorongan motivasi dari para Parhalado dan Uluan untuk pengadaan Modal pendukung.

Solusi
1. Untuk mendukung percepatan pencapaian target program di atas dapat tercapai pada tahun 2010 sangat dibutuhkan bantuan dana berupa investasi anggota maupun pinjaman lunak berupa Simpanan Diakonia dengan jasa 0,5 % bahkan hingga 0 % pertahun. Selain itu, sekiranya juga uang Kas Huria dapat disimpan di Koperasi CUM “Makarios”.
2. Pemilikan aset lahan untuk dikelola oleh Koperasi CUM “Makarios” membantu pengembangan gereja di Ressort-ressort
Pdt Bernard Siagian, MTh
Manager C.U.M. “Makarios” HKBP Distrik XXV Jambi

(P. Hutauruk, SH, MBA [Ketua C.U.M. “Makarios”], menyerahkan Pernyataan Serah Terima kepada Pdt. SMT Hutagalung, STh [Pendeta HKBP Ressort Jambi], an. Warga Jemaat Pos Pelayanan HKBP Jambi di Paal 4, Desa Muara Medak, Kab. Musi Banyu Asin, disaksikan oleh Praeses HKBP Distrik XXVJambi, Pdt D.F. Sibuea, MTh. – Minggu, 1 Nopember 2009)

(Dari kiri ke kanan: Dr. Dompak Napitupulu [Ketua Panitia Tahun DIakonia HKBP Distrik XXV Jambi], E. Marpaung [Kepala Bidang Diakonia], Pdt. D.F. Sibuea, MTh [Praeses HKBP Distrik XXVJambi] dan Ibu memperhatikan Ir. Dopang Tambunan [Kakanwil BPN Prov. Jambi/Ketua Tim Perumus Seminar Sehari “Visi Misi HKBP Distrik XVV Jambi] sedang meletakkan batu pertama untuk pembangunan gereja Pos Pelayanan HKBP Jambi di Paal 4, Petaling. – Minggu, 1 Nopember 2009)

(Pdt. D.F. Sibuea, MTh [Praeses HKBP Distrik XXVJambi] beserta Ibu Br. Hutagaol sedang penanaman pohon di lokasi kompleks gereja yang akan dibangun. – Minggu, 1 Nopember 2009)

(Pdt. D.F. Sibuea, MTh [Praeses HKBP Distrik XXVJambi] beserta Ibu Br. Hutagaol berpose di lahan gereja bersama Rombongan dan warga Jemaat Pos Pelayanan HKBP Jambi di Paal 4 Petaling. – Minggu, 1 Nopember 2009)


DENAH PENGELOLAAN LAHAN KOPERASI CUM “MAKARIOS”
DI PAAL 4, RT 25 B, DUSUN V, MUARA MEDAK – MUSI BANYU ASIN
LUAS KESELURUHAN 7,5 HA (75.000 M2)
J A L A N P A N C U R A N

Lebar Depan : 150 Mtr

KETERANGAN DENAH
- TAMAN:
* Taman 1 : 30 X 30 M
* Taman 2 : 70 X 30 M
* Taman 3 : 30 X 30 M
- JALUR A:
* A 1 – A 12 (Ruko) : 5 X 10 M
* Koperasi C.U.M. : 10 X 10 M
* Klinik Kesehatan : 10 X 10 M
* TK/PAUD (2 Kelas) : 10 X 10 M
- JALUR B:
* B 1 – B 20 (Perumahan) : 20 X 20 M
* Lahan Gereja
* 1 – 6 : Ruang Kelas SD (6 X 8 M)
* 7 – 9 : Ruang Kelas SMP (6 X 8 M)
* 10 – 12 : Ruang Kelas SMA (6 X 8 M)
I : Bangunan Gereja sementara (Tahap I: 10 X 15 M)
II : Bangunan Permanen Gereja (Tahap II: 20 X 35 M)
* 13 : Teras Depan : 5 X 10 M
* 14 : Kantor Gereja : 5 X 5 M
* 15 : Konsistori : 5 X 15 M
* 16 : Toilet/KM & Gudang : 3 X 20 M
* 17 : Rumah Dinas Pendeta : 10 X 22 M
* 18 : Rumah Pelayan Koster : 8 X 10 M
* 19 : Rumah Dinas Diakones : 10 X 14 M
* 20 : Pekarangan Depan
Tanda Kotak : Podium Upacara
Tanda Bintang : Tiang Bendera
* 21 – 30 : Pohon Terang (Pinus)
- JALUR C (1 – 12): Perumahan : 15 X 22 M
- JALUR D (1 – 12): Perumahan : 10 X 22 M
- JALUR E
* E 1 – E 16 : Perumahan : 10 X 14 M
* Sopo Godang & Mess : 26 X 54 M
- JALAN
* A – D : Lebar 10 M
* A 1 : Lebar 20 M
* E – G : Lebar 6 M
* G1 : Lebar 8 M
* H : Lebar 8 M
* I : Lebar 6 M

1 komentar:

  1. Semua terima kasih kepada mrs KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya selepas ditangkap oleh orang-orang palsu yang kerang menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di bandar Johannesburg. Suatu bulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman dalam talian dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeza di internet dan saya memohon dari mereka dan semua saya mendapat adalah penipu saya menggunakan lebih daripada 2 syarikat dan saya ditipu semua melalui. Jadi saya berputus asa sehingga saya memutuskan untuk menyemak semula jika saya akan mencari bantuan seperti yang saya cari dan saya menetap untuk mencari syarikat pinjaman legit saya jumpa syarikat ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY saya melihat banyak testimoni yang dimaklumkan oleh orang dia tetapi kerana saya ditipu secara serentak saya fikir ia adalah penipuan tetapi saya melakukan apa yang saya diminta lakukan dan saya menunggu untuk pinjaman saya dan Puan KARINA ROLAND memberitahu saya dalam masa kurang dari 24 jam anda dengan pinjaman saya dengan selamat saya tidak percaya sebab saya fikir ia juga satu penipuan sehingga hari itu adalah waktu malam di Afrika Selatan dan saya tidur pagi esok ketika saya bangun saya menerima amaran dari akaun bank saya dan segera saya memanggil pengurus bank saya untuk mengesahkan dan pengurus bank memberitahu saya untuk datang ke bank dengan serta-merta dan saya pergi dengan serta-merta ketika saya sampai di sana pengurus bank memeriksa akaun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yang Dolar Amerika Syarikat dan saya menjelaskan kepada pengurus saya bahawa saya memohon pinjaman dalam talian dan bank saya pengurus terkejut jika ada masih sebuah syarikat pinjaman sebenar dan legit online saya sangat gembira semua terima kasih kepada MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet kerana saya melihat orang lain melakukannya dan memberi keterangan tentang syarikat ini sebabnya saya menghantar mesej ini secara online kepada sesiapa sahaja yang memerlukan pinjaman walaupun anda telah ditipu sebelum memohon dari syarikat ini dan yakinlah bahawa syarikat ini tidak akan membiarkan anda turun. Salam kepada sesiapa sahaja yang membaca mesej saya dan anda boleh menghubungi syarikat ini melalui pos (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp sahaja +13128721592, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, anda boleh menghubungi saya juga untuk lebih lanjut maklumat ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus