JUBILEUM 125 TAHUN HKBP SIBUNTUON RESORT BALIGE

JUBILEUM 125 TAHUN  HKBP SIBUNTUON RESORT BALIGE
Jubileum

Kamis, 03 Desember 2009

Kegiatan Diakonia HKBP Distrik III Humbang

Tahun Diakonia HKBP Distrik III Humbang.

Berbicara tentang Diakonia adalah berbicara tentang kasih, yang dalam aplikasinya adalah bagaimana seseorang itu terdorong untuk mau dan bisa memberikan sesuatu kepada orang lain. Dengan perkatan lain bahwa Diakonia adalah aksi nyata dalam masyarakat. Dalam kaitan pemahaman yang seperti itu maka kalau kita mau melihat HKBP Distrik III Humbang, dalam hubungannya dengan Tahun Diakonia HKBP sesuai dengan acuan yang tertuang dalam buku Panduan tahun Diakonia HKBP, maka kami melihat di Distrik Humbang i, tepatlah apa yang dikatakan oleh orang Batak “hancit do tangan mandanggurhon na soada”. Namun walaupun demikian kami mencoba di Distrik ini beruasaha mengikuti acuan yang ada dalam buku panduan Tahun Diakonia HKBP walaupun hanya sebagian kecil yang bisa kami lakukan di distrik ini. Untuk mensukseskan tahun Diakonia maka kami bersamasama dengan Bapak Praeses dan juga para Pelayan Full Time Se-Distrik III Humbang sepakat untuk melakukan :

1. Melanjutkan Pelayanan Diakonia se-Distrik III Humbang sebagaimana dilaksanakan sebelumnya, yaitu saling menolong antara satu Gereja dengan Gereja yang lain, antara satu Ressort dengan Ressort yang lain, khususnya apabila terjadi kejadian-kejadian tertentu dan kegiatan ini langsung di kordinasikan oleh kami sebagai pelaksana Kabid diakonia dan dibantu oleh dua pelayan full time yang lain.

2. Mengefektifkan pelaksanaan program tahun Diakonia maka pada tanggal 06 pebruari 2009 oleh Bapak Praeses bersamasama dengan Pelayan full time se-Distrik III Humbang telah dipilih Panitia tahun Diakonia Distrik III Humbang.
Seteleh terpilih, Panitia Tahun diakonia mengadakan rapat dan memutuskan beberapa program, yaitu :

a. Distrik III Humbang akan mengikuti Perayaan Diakonia se Sumatera utara (mengutus peserta kontingen koor).
b. Mengadakan Pesta Perayaan Paskah Distrik III Humbang dalam dua wilayah (Dataran Tinggi dan Dataran Rendah).
c. Mengadakan Penghijauan (khususnya lokasi Pargodungan).
d. Pengadaan tanah sebagai center pelayanan Diakonia Distrik III Humbang.
e. Melakukan Perlombaan penataan lokasi Pargodungan (khususnya sabungan).
f. Mengadakan Pesta Perayaan Natal Distrik III Humbang dalam dua wilayah perayaan.
g. Menghimbau agar setiap Gereja memperhatikan pelayanan pendidikan, seperti pengadaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Tempat Penitipan Anak (TPA), dan juga Pelatihan ( Bimbingan Belajar ). Program ini seiring dengan program Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan.

Beberapa hal yang telah kami lakukan di Distrik III Humbang adalah sebagai berikut :

1. Minggu kedua Maret 2009, oleh Panitia tahun Diakonia melakukan Pestival tahun Diakonia HKBP Distrik III Humbang, sesuai dengan acuan yang diberikan Panitia tahun Diakonia Sumatera utara Juara Pestipal Paduan Suara Distrik akan mengikuti Pestipal Paduan Suara HKBP Sesumatera Utara.
2. Pada tanggal 17 April 2009 mengutus tiga kontingen paduan suara untuk mengikuti Pestipal paduan suara se Sumatera utara di Medan, yang dilaksanakan pada tanggal
3. April dan mei mengadakan Pesta paskah Raya, yang dilakukan dalam dua wilayah perayaan, yaitu :

a. Wilayah Dataran Rendah, paskah raya dilakukan pada tanggal di HKBP Pakkat Ressort Pakkat. Perayaan ini diikuti oleh 8 ressort, yaitu : Pakkat, Aek Sopang, Parlilitan, Sihombu, Tukka, Sitinjak, Rambe dan Ressort baringin Pusuk.
b. Wilayah Dataran Tinggi, Paskah raya dilakukan Pada tanggal bertempat di HKBP Simanullang, ressort Simanullang matiti. Peryaan ini diikuti oleh 17 ressort yang ada di wilayah dataran tinggi, yaitu : Simanullang matiti, Immanuel Huta Gurgur, Aek nauli, Sihite, Dolok Sanggul, Dolok Sanggul Kota, Sirisirisi, marbun Barat, Pollung, Sileang, Silaban, hutasoit, Bakkara, Sosor Gonting, Sait Ni Huta, Sibuluan dan Onan ganjang.
4. Bulan September – Oktober sosialisasi perlombaan penataan lokasi Pargodungan. Tanggal 23 – 28 November 2009 adalah penilaian lokasi Pargodungan, dalam hal ini Panitia bekerja sama dengan Tim PKK Pemkab Humbang hasundutan.
5. Tanggal 03 Desember akan melaksanakan pesta perayaan Natal se Distrik III Humbang, Natal ini di rangkai dengan Natal PPD (Persatuan Parompuan Distrik) Humbang, dan Perayaan akan dilaksanakan dalam satu wilayah, yakni di Dolok sanggul.
6. Untuk Program Penghijauan, yang dapat dilaksanakan sesuai dengan anjuran Pimpinan HKBP, bahwa setiap Pasangan yang menikah menanam pohon, dan ini telah dilaksanakan di beberapa Ressort, seperti Doloksanggul, Sirisirisi dll.
7. Untuk Program Pendidikan, beberapa gereja telah mendirikan PAUD, seperti HKBP Silaban, HKBP Dolok margu Ressort Dolok sanggul Kota, HKBP Sirisirisi, HKBP Aek Sopang, dll. HKBP Dolok Sanggul mendirikan Taman kanak-kanak (TK), HKBP Sileang telah mendirikan Bimbingan Belajar Bahasa Inggris dan Komputer.
8. Bersama-sama dengan BPM, kami sedang merintis pengadaan Tempat Penitipan Anak (TPA), diharapkan dalam waktu dekat akan terealisasi, bertempat di HKBP Dolok-Sanggul Kota.
9. Bersamasama dengan BPM telah melaksanakan pelatihan pertanian kepada NHKBP, bertempat di lahan pertanian jemaat Sosor Gonting. Dan pelatihan ini diharapkan akan bisa terus berlangsung, dan sekarang proses penataan tanah Mitra distrik III Humbang, yaitu Bukit Krefel.
10. Untuk Program Emergency maka pada bulan April Distrik III Humbang telah memberikan bantuan sekedar kepada jemaat HKBP Sihite, karena lahan pertanian mereka dilanda banjir. Dan bulan Oktober HKBP Distrik III Humbang telah memberikan bantuan sekedar kepada Jemaat HKBP Sipituhuta Ressort Marbun Barat karena musibah kebakaran.

Hal-hal tersebut diatas itulah yang bisa dilaksanakan oleh HKBP Distrik III Humbang. Masih banyak yang harus dilakukan dan kami banggga akan terlasananya acara ini, karena dengan acara ini proses kesinambungan Pelayanan Diakonia mungkin akan semakian baik. Diakonia tidak mungkin hanya sampai disini tetapi Pelayanan Diakonia akan berjalan terus.
Atas segala kekuaran dalam laporan ini kami mohon maaf.

Sileang,November 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar