JUBILEUM 125 TAHUN HKBP SIBUNTUON RESORT BALIGE

JUBILEUM 125 TAHUN  HKBP SIBUNTUON RESORT BALIGE
Jubileum

Rabu, 10 Maret 2010

Ekonomi Berbasis Jemaat – CUM HKBP Hadir di Rokan Hulu Kampar, Riau.

Oleh : Cpdt. Binsar Nababan (Staff Departemen Diakonia)

Pada tanggal 07 Maret 2010 akhirnya terbentuk lagi satu CUM di Distrik XXII Riau. CUM ini dinamakan CUM Sejahtera Rohul Kampar, nama ini dibuat karena CUM ini akan berusaha “menyejahterakan” dua daerah sekaligus, yaitu Rokan Hulu dan Kampar. Pelantikan para pengurus dilaksanakan oleh Kapala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Nelson Siregar di HKBP Simpang Pir Ressort Ephipanias, Riau.

Sebelum acara pelantikan dimulai (acara pelantikan termasuk dalam rangkaian ibadah minggu), di konsistori Pdt. Nelson Siregar memberikan penjelasan tentang apa yang harus dilakukan gereja selaku partisipan menghadirkan tanda Kerajaan Allah, yaitu dengan mencoba menyejahterakan yang miskin, salah satunya dengan membentuk CUM. Setelah pengantar diberikan, ibadah minggu pun dimulai. Ibadah ini dilayani oleh, Pdt. B. Manik sebagai Paragenda, Pdt. Nelson Siregar sebagai Parjamita, dan Pdt. BP. Silaen yang membacakan SK pengurus CUM Sejahtera Rohul Kampar.


Dalam khotbahnya, Pdt. Nelson Siregar menyatakan bahwa setiap orang harus mengusahakan yang baik sejak sedini mungkin dan kepada setiap orang. Tindakan kebaikan ini bisa dimulai dari sesama ruas HKBP kemudian kepada sesama orang Kristen, bahkan kepada orang-orang yang beragama lain. Dengan demikian CUM ini pun menjadi sebuah lembaga inklusif yang memang tujuan utama pelayanannya adalah memuliakan Tuhan. Setelah khotbah selesai dan persembahan, kemudian acara dilanjutkan dengan pelantikan para pengurus CUM Sejahtera Rohul Kampar. Susunan pengurusnya adalah sebagai berikut:
Pembina : Pdt. Nelson Siregar (Kadep Diakonia HKBP)
Pdt. Jusden Sinaga (Bakor CUM HKBP)
Pdt. Tohonan BP Silaen (HKBP Ress. Ephipanias)
Ketua : Pdt. Bernard Manik (HKBP Ress. Rokan Hulu)
Sekretaris : Pdt. P. Hotman Simatupang (HKBP Ress.Estomihi)
JPH. Simanjuntak
Pengawas : Pdt. Herbin Purba (HKBP Ress, Exaudi)
St. RM. Nababan
St. M. Silaban
Manager : Diak. Fitria Rumondang Simarsoit.

Setelah acara pelantikan dan ibadah minggu selesai, acara dilanjutkan dengan diskusi mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan CUM. Diskusi ini dipimpin oleh Pdt. B. Manik dengan narasumber Pdt. Jusden Sinaga selaku Badan Koordinasi CUM HKBP. Sebelum diskusi dimulai, Pdt. Nelson Siregar selaku Kepala Departemen Diakonia, memberikan pengantar, bahwa tugas orang Kristen bukan hanya selalu bicara tentang Surga, tetapi sebagaimana yang diajarkan Tuhan Yesus dalam Doa Bapa Kami, bahwa setiap pengikut Kristus harus bisa menghadirkan kehendak Allah ini di bumi bukan di Surga, sehingga keimanan kita berdampak kepada semua orang, bahkan kepada orang yang tidak seiman dengan kita.

Dalam diskusi ini pun, Pdt. Jusden Sinaga menjelaskan bahwa secara ekonomi sistem simpan-pinjam di CUM lebih menekankan kesejahteraan masyarakat sesuai iman kekristenan, jadi bukan mencari keuntungan. Diskusi ini pun berjalan dengan baik, karena banyak juga anggota jemaat juga Parhalado bertanya mengenai sistem pelaksanaan dan manfaat CUM, dan Pdt. Jusden Sinaga pun berani menyatakan bahwa sistem pinjaman yang dilaksanakan CUM lebih baik daripada sistem bunga Bank.

Setelah semua acara selesai, rombongan Departemen Diakonia HKBP, yaitu Pdt. Nelson Siregar beserta Inang, Pdt. Jusden Sinaga, Diakones Fitria Rumondang Simarsoit, CPdt. Binsar Nababan, dan Ezra Aruan, pun kembali ke Tarutung. Kiranya melalui pembentukan satu lagi CUM baru ini dapat menjadi sarana berkat bagi yang membutuhkan di daerah Rokan Hulu dan Kampar, Riau. Les petites ├ętapes du bonheur (langkah-langkah kecil menuju kebahagian) HKBP ini bisa berdampak positif demi kemuliaan nama Tuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar