JUBILEUM 125 TAHUN HKBP SIBUNTUON RESORT BALIGE

JUBILEUM 125 TAHUN  HKBP SIBUNTUON RESORT BALIGE
Jubileum

Selasa, 08 September 2009

"Kegiatan Diakonia Distrik VIII Jawa Kalimantan"

LAPORAN PELAKSANAAN TAHUN DIAKONIA 2009
HKBP DISTRIK VIII JAWA-KALIMANTAN
“Sejahtera Masyarakat, Sejahtera Gereja”

I. KEGIATAN YANG TELAH DILAKSANAKAN

1. Sosialisasi dan Penjemaatan Tahun Diakonia
Sosialisasi dan Penjemataan Tahun Diakonia di HKBP Distrik VIII Jawa Kalimantan telah dilaksanakan secara bersamaan pada hari Minggu, 05 April 2009 di jemaat gereja HKBP se Distrik VIII. Bersamaan dengan itu dilakukan Pertukaran Mimbar dan Pengumpulan Persembahan untuk mendukung kegiatan Tahun Diakonia HKBP Distik VIII Jawa Kalimantan.
2. Bakti Sosial Kesehatan Diakonia
Sebagai wujud atas rencana panitia untuk berperan dalam mendukung pelayanan kesehatan di tingkat jemaat dan warga sekitar gereja, Panitia Tahun Diakonia HKBP Distrik VIII Jawa Kalimantan telah melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Kesehatan Diakonia di beberapa gereja yaitu:
No Tanggal Lokasi Kegiatan Keterangan
1. 24 Februari 2009 HKBP Kandang Roda Berjalan dengan baik, diikuti oleh jemaat dan masyarakat sekitar gereja lebih kurang 250 orang kerjasama dengan LCMS dari USA
2. 28 Maret 2009 HKBP Limo Berjalan dengan baik, diikuti oleh jemaat dan masyarakat sekitar gereja lebih kurang 110 orang
3. 23 Mei 2009 HKBP Tridarma Berjalan dengan baik, diikuti oleh jemaat dan masyarakat sekitar gereja.
4. 13 Juni 2009 HKBP Depok Timur Berjalan dengan baik, diikuti oleh jemaat dan masyarakat sekitar gereja.
5. 20 Juni 2009 HKBP Parung Panjang Berjalan dengan baik, diikuti oleh jemaat dan masyarakat sekitar gereja.
6. 04 Juli 2009 HKBP Limo Berjalan dengan baik, diikuti oleh jemaat dan masyarakat sekitar gereja.
7 18 Juli 2009 HKBP Cileungsi Berjalan dengan baik, diikuti oleh jemaat dan masyarakat sekitar gereja.
Diperkirakan lebih dari 1000 orang pasien yang telah dilayani pada baksos ini.
3. Seminar Kesehatan
Kegiatan seminar kesehatan dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2009 di HKBP Kebayoran Baru. Seminar kesehatan ini dilaksanakan oleh Panitia bekerjasama dengan Rumah Sakit Pantai Mutiara Penang (Malaysia) yang menampilkan 4 orang dokter spesialis RS Pantai Mutiara Penang sebagai pembicara. Seminar ini dibuka oleh Preases Pdt. Mori Sihombing, MTh dan diikuti oleh jemaat, para pendeta dari Distrik VIII Jawa Kalimantan. Jumlah peserta yang hadir mencapai 400 orang.

4. Pengenalan dan Pembekalan Koperasi
Kegiatan pengenalan dan pembekalan koperasi bagi jemaat HKBP Distrik VIII Jawa Kalimantan dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2009 di HKBP Kebayoran Baru. Kegiatan ini dilakukan oleh Panitia bekerjasama dengan Kementerian Negara Koperasi dan UKM yang dihadiri oleh 70 orang peserta yang berasal dari utusan jemaat dari gereja Distrik VIII Jawa Kalimantan

5. Lokakarya Diakonia
Untuk menjaring kesamaan pemahaman dan merencanakan program-program yang ingin dicapai dalam melaksanakan Tahun Diakonia 2009 serta mendapatkan masukan-masukan dari masing-masing gereja, maka pada hari Sabtu, 25 April 2009 telah dilaksanakan kegiatan Lokakarya Diakonia HKBP Distrik VIII Jawa Kalimantan di Aula Ekonomi Kampus UKI Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Preases dan para pendeta Distrik VIII serta 110 orang peserta utusan gereja di Distrik VIII JK. Kegiatan lokakarya ini berisi kebaktian, pembekalan oleh Praeses dan diskusi kelompok. Sebagai pembicara dalam lolakarya ini antara lain Praeses Mori Sihombing, Ibu Ayuningsih, MA (Praktisi/Pendidir Sekolah TK) berbasis low cost, high management and full of diakonia.

6. Kegiatan Pelatihan Daur Ulang Limbah atau 3R
Kegiatan ini diangkat guna mendukung program pemerintah dalam pengelolaan lingkungan hidup. Hal ini mencerminkan sikap dan peran HKBP yang sangat mendukung pemerintah dalam kegiatan pelestarian lingkungan hidup. Dalam kaitannya dengan program Panitia, telah dilakukan kegiatan daur ulang limbah/sampah rumah tangga dengan model 3R (reduce, reuse, recycle). Kegiatan ini telah menghasilkan produk-produk keterampilan berupa tas alkitab sebanyak 793 buah, dimana produk ini telah dijual ke jemaat dalam lingkup Distrik VIII.
Disamping itu, panitia juga telah melakukan pelatihan-pelatihan keterampilan daur ulang limbah di beberapa gereja HKBP dan sekolah yaitu:
• HKBP Limo
• HKBP Gunung Putri Sola Gratia
• HKBP Depok II
• HKBP Maranata Rawa Lumbu
• Gereja Kristus Teluk Naga Tangerang.
• SMAN 1 Depok
Dalam mendukung kegiatan daur ulang ini, beberapa orang donatur telah menyumbang beberapa unit mesin jahit kepada gereja yang membutuhkannya sebagai modal usaha yaitu;
• 4 (empat) unit ke HKBP Limo
• 1 (satu) unit ke HKBP Gunung Putri Sola Gratia


7. Pendirian CUM dan Koperasi
Sebagai kelanjutan dari pembekalan dan pengenalan koperasi, dimana telah diprogramkan akan dibentuk wadah Credit Union Modification (CUM) dan koperasi di tingkat jemaat, maka dalam kaitan ini pada tanggal 7 Juni 2009 telah terbentuk sebuah CUM Sejahtera Distrik VIII Jawa Kalimantan beralamat di HKBP Limo dan Sebuah Koperasi Serba Usaha (KSU) di HKBP Kebayoran Baru pada bulan Juli 2009.

8. Pelatihan Keterampilan Merangkai Bunga & Payet (Bidang Ekonomi)
Pada bulan April 2009, Panitia Tahun Diakonia HKBP Distrik VIII Jawa Kalimantan telah melakukan kegiatan pelatihan keterampilan merangkai bunga dan pembuatan payet bagi ibu-ibu jemaat HKBP di Pontianak. Hal ini dilakukan sesuai dengan rencana panitia yang ingin membantu mengembangkan ekonomi rumah tangga jemaat melalui berbagai bentuk keterampilan ibu-ibu dalam usaha ekonomi kreatif dan produktif agar jemaat semakin sejahtera.

9. Pendirian Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) “Sejahtera”
Sekolah Taman Kanak-kanak telah berdiri di HKBP Imanuel Kandang Roda dan HKBP Parung Panjang. Taman Kanak-Kanak ini diresmikan pada tanggal 24 Juli 2009. Hal ini dapat terwujud berkat kerjasama yang baik antara Panitia dengan Pimpinan dan Jemaat HKBP Immanuel Kandang Roda dan HKBP Parung Panjang. Jika Tuhan Yesus berkenan maka Kedua TK inilah yang merupakan sekolah pertama milik HKBP di Pulau Jawa, yang tentunya akan terus dikembangkan baik kualitas maupun kuantitas sesuai dengan kebutuhannya. Secara jangka panjang, sekolah TK ini akan dikelola oleh HKBP Distrik VIII Jawa Kalimantan.

10. Persiapan Balai Pengobatan
Semangat mendirikan Klinik Kesehatan milik HKBP Distrik VIII Jawa Kalimantan masih terus dilanjutkan. Sebagaimana rencana Panitia untuk mendirikan Balai Pengobatan (BPU), telah ada seorang donator yang meresponnya dengan memberikan (menghibahkan) lahannya seluas 200 M2 di Desa Buni Bakti Kecamatan Teruna Jaya Bekasi. Direncanakan luas lahan mencapai 400 M2, dimana tambahan 200 M2 akan dibeli oleh Panitia. Sampai saat ini Panitia masih melakukan studi dan kajian serta perencanaan teknis pendirian Klinik Kesehatan tersebut.

II. RENCANA KEGIATAN SELANJUTNYA
Secara umum, Panitia akan terus melanjutkan kegiatan sesuai rencana yang telah diputuskan seperti kegiatan-kegiatan yang bersifat jangka pendek maupun jangka panjang.

A. Kegiatan bersifat Jangka Pendek yaitu:
1. Bakti Sosial Kesehatan Diakonia
Bakti sosial akan terus dilaksanakan sekali dalam satu bulan.
2. Pelatihan Keterampilan Ibu-ibu
3. Kegiatan Daur Ulang Limbah 3R.

B. Kegiatan bersifat jangka panjang dan perlu pengelolaan khusus yaitu:
1. Melanjutkan Pengelolaan Sekolah TK: Pembentukan Lembaga atau Yayasan.
Untuk mengelola TK secara profesional maka akan didirikan lembaga atau yayasan. Diharapkan TK ini akan semakin berkembang dan berkualitas. Diupayakan juga untuk mendirikan TK lainnya di daerah yang membutuhkan di Distrik VIII Jawa Kalimantan
2. Mendirikan Balai Pengobatan dan Pengelolaannya
Untuk pemeliharaan dan pengobatan jemaat dan masyarakat akan diupayakan pendirian Balai Pengobatan di daerah Cilincing. Balai pengobatan ini akan dikelola secara profesional dan sekaligus menjadi pendukung disaster managemen atau intervensi bencana alam.
3. Pengadaan Tanah untuk Pusat Retreat dan Pembinaan SDM HKBP.
Telah merencanakan dan tinjau tempat pusat retreat dan pelatihan SDM HKBP yang berlokasi di Jonggol, Bogor Barat. Diharapkan pada tahun diakonia 2009, Distrik VIII telah dapat memiliki lahan seluas 1-2 hektar. Pembangunan tempat retreat akan dimulai pada tahun 2010. Diupayakan juga agar jemaat dan pendeta dapat memiliki lahan di sekitar pusat retreat.

III. TARGET USAHA PENCARIAN DANA DAN PESTA DIAKONIA
Dalam rangka mensukseskan kegiatan Pelaksanaan Tahun Diakonia HKBP Distrik VIII Jawa Kalimantan tentunya tidak terlepas dari kebutuhan dana baik untuk program jangka pandek maupun program jangka panjang. Berbagai usaha akan dilakukan panitia untuk memenuhi target dana, sehingga dana yang dibutuhkan tercukupi. Secara khusus adalah usaha yang dilakukan guna memenuhi kebutuhan dana untuk melanjutkan program TK, Pendirian Klinik Kesehatan dan Pengadaan Tanah untuk Pusat Retreat dan Pengembangan SDM HKBP.
3.1. Mengadakan Malam Dana Diakonia
Malam Dana Diakonia direncanakan akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal : Jumat, 28 Agustus 2009
Pukul : 19.00 Wib - Selesai
Tempat : Central Restoran , Bulungan Blok M

3.2..Pesta Raya Diakonia.
Untuk mensyukuri penyertaan Tuhan, maka akan dilaksanakan pesta raya diakonia yang mengundang seluruh jemaat HKBP Distrik VIII Jawa Kalimantan, yang dilaksanakan pada bulan 08 November 2009.

Demikian laporan kegiatan Diakonia Distrik VIII Jawa Kalimantan. Kami mohon doa dan dukungan agar kegiataan selanjutnya dapat berjalan dengan baik.


Pelaksana Kepala Bidang Diakonia
HKBP Distrik VIII Jawa Kalimantan
Pdt. Enig. S. Aritonang, MTh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar